follow us

Trik Membuat Multi Google URL Shortener menggunakan Google API untuk Safelink

Beberapa saat yang lalu saya telah membuat tips bagaimana cara kita membuat safelink menggunakan Google Shortener. Namun sempat terfikirkan bahwa ketika kita berhasil membuat safelink, kita akan mengalami kendala ketika akan input url download atau long url menjadi google short url.

Rasanya ingin sekali bagi saya untuk sedikit memanjakan diri. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita ingin membuat Google Short URL, kita harus login terlebih dahulu ke google dan membuka halaman goo.gl untuk merubah long url menjadi google short url.

Menurut saya cara tersebut tergolong ribet karena kita harus 2X (dua kali) input url agar menjadi rapi. Setelah googling, ternyata ada cara untuk membuat Google Shortener sendiri menggunakan Google API.

Kemudian PR bagi saya adalah bagaimana sih cara kita membuat sebuah script, yang fungsinya bisa mempangkas pekerjaan 2X (dua kali) input url menjadi satu kali input saja?

Setelah melakukan beberapa kali experiment, akhirnya saja bisa membuat multi Google URL Shortener menggunakan Google API. Dimana cara kerja dari multi Google shortener adalah sebagai berikut :
  • Kita input long url (url download) ke dalam form.
  • untuk sesi pertama script akan mengolah long url menjadi google short url.
  • kemudian hasil dari google short url diambil unique code'a saja oleh script. misal : goo.gl/abcde (maka yang diambil hanyalah abcde )
  • Kemudian untuk sesi ke dua, script akan mengolah url safelink ditambahkan dengan unique code google url pertama yang biasanya kita gunakan untuk variable url atau target download. Contoh long url untuk safelink page : http:// www. xepozone .com/p/safe.html?xepo=abcde. akan menjadi goo.gl/JkLmN.
Teman - teman bisa melihat Demo google url shortener pada di salah satu halaman xepozone : Shortener Generator

Setelah kita melihat gambaran dari cara kerja multi Google Shortener, kita bisa mulai mencoba sendiri dengan cara copy source berikut ke dalam page atau hosting teman teman. Pastikan bahwa kalian mengganti CODE API dengan API yang kalian punya. Buat yang belum tahu cara mendapatkan Google API bisa lihat artikel sebelumnya di sini : Cara mendapatkan Google API

Untuk source bisa kalian download pada link berikut : Multi google shortener

Note : 
  • Paste source code pada page yang kalian buat.
  • Jika menggunakan blogger pastikan langsung menuju pada editor HTML dan setelah paste langsung publikasi. Karena source akan berubah ketika kita melihat tampilan visual.
Jujur saja saya tidak begitu yakin apakah teman - teman bisa paham dengan artikel yang saya buat ini. Namun kalau teman - teman bisa pahami sedikit demi sedikit. Saya yakin teman - teman bisa merasakan manfaat menggunakan multi Google URL Shortener.

You Might Also Like: