Posted on 20 December 2018

Walau belum lama ini saya beralih dari platform blogspot ke website. Namun beberapa saat yang lalu ada salah satu teman saya yang bertanya bagaimana cara optimalisasi Image agar performa blogspot meningkat.


Hal yang pertama kali saya pikirkan adalah ada banyak faktor yang mempengaruhi performa blogspot. Diantaranya adalah Image yang kadang kala tidak kita optimalisasi.


Lalu bagaimana cara optimalisasi image pada blogspot?


Pertama kita harus tahu bahwa di dalam platform blogspot ada salah satu fitur yaitu WebP Image dimana ini adalah salah satu fitur optimalisasi Image yang dimiliki oleh blogspot. But, masih banyak yang tidak tahu tentang fitur tersebut.


Selain itu kita bisa mengatur ukuran image yang kita upload di dalam artikel dengan cara merubah value yang ada di dalam url image tersebut.


So, bagaimana cara kita melakukan itu semua?


Untuk melakukan optimalisasi Size image dan juga WebP image sekaligus, teman - teman bisa menggunakan javascript yang telah saya buat dan taruh di atas kode /body pada template blog yang kita miliki. Berikut adalah code yang perlu kalian gunakan :

Sedikit penjelasan untuk javascript di atas bahwa script tersebut merubah semua image yang ada di dalam blog kita dan merubahnya menjadi ukutan size 640 dan merubah jenis image menjadi WebP dengan adanya code rw di belakangnya. 


Dan ketika kita berhasil merubah image pada blogspot maka file gambar yang disajikan akan teroptimalisasi sehingga performa pada blog yang kita miliki akan meningkat.


NOTE : WebP Image hanya bisa dilihat oleh google chrome, Opera, dll. Namun image tidak bisa dilihat ketika menggunakan Mozilla Firefox. oleh karena itu teman - teman bisa Optimalisasi image menggunakan CDN Staticaly saja.


Teman teman bisa lihat artikel berikut : Optimalisasi Blogspot Image menggunakan CDN Staticaly.


Oke itu adalah sedikit tips dan trik gimana cara kita Cara Optimalisasi image pada Blogspot menggunakan Automaticaly WebP Image Javascript. Buat teman - teman yang masih bingung bisa komen atau hubungi saya melalui contact yang sudah saya sediakan.

Add your comment Hide comment

Disqus Comments