Posted on 16 December 2018

Static page merupakan salah satu bagian yang bisa menjadi ciri khas seorang programer dalam membuat sebuah website. Menggunakan codeigniter, kita bisa membuat static page dengan mudah. Dan tentunya ketika menggunakan static page, secara otomatis kita berbicara logika.


Bagaimana sih cara kita membuat static page dengan mudah untuk project codeigniter?


Sebelumnya kita harus ingat bahwa static page itu digunakan agar kita tidak terlalu banyak menulis code atau mengulang - ulang penulisan sebuah code.


Dan sebelumnya teman - teman harus tahu bahwa tentunya kita bisa membuat static page ketika ada persamaan bagian di dalam page satu dengan yang lainnya.


Perlu teman - teman ketahui bahwa embuatan static page itu bisa di bagian head ataupun body. Tergantung bagian mana yang bisa kita buat agar menjadi halaman static.


Oke kali ini saya mau berbagi logika dan sedikit contoh bagaimana kita membuat sebuah static page sesuai dengan kebutuhkan yang kita miliki. Tentunya pembuatan static page pada framework codeigniter.


Pertama teman - teman buka bagian file Controller di dalam project codeigniter. kalau default filenya biasanya Welcome.php lalu teman teman edit file tersebut menjadi seperti contoh di bawah :



Setelah itu edit router.php di dalam file application/config dan buat router untuk static page menjadi seperti di bawah ini :



Setelah itu teman - teman ubah file Welcome_message.php menjadi seperti di bawah :



Dari code di atas kita bisa menyimpulkan membuat static page dimana logika yang kita gunakan untuk merubah tampilan adalah berpacu pada variabel $namafile yang ketika di masukan ke dalam view melalui variabel $data['nama'] menjadi $nama. Kemudian dari variabel ini kita bisa kembangkan untuk memanggil part view untuk tampilan body.


Itulah bagaimana cara kita membuat static page untuk codeigniter. buat teman - teman yang masih bingung bisa tanyakan langsung atau hubungi saya melalui contact yang telah saya sediakan.

Add your comment Hide comment

Disqus Comments