Posted on Minggu, 13 Jan 2019 06:12 WIB

Jakarta - Mau apa Xiaomi tahun ini? CEO vendor ponsel asal China itu, Lei Jun, membuka strategi yang bakal mereka tempuh.

Lei mengatakan bahwa Xiaomi akan memperkuat operasinya di Eropa. 'Pasar Eropa adalah fokus utama kami untuk ekspansi internasional tahun ini,' tandas Lei.

'Kami bertujuan berada di posisi satu atau dua di pasar smartphone di beberapa negara Eropa, khususnya Spanyol,' sebutnya, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Ekpansi Xiaomi dipastikan akan berlanjut. 'Dalam dua tiga tahun terakhir, kami telah masuk sekitar 80 negara dan kawasan. Saya harap momentum ini berlanjut,' tutur Lei.

Akan tetapi pasar Amerika Serikat tampaknya belum akan dimasuki Xiaomi terkait perang dagang yang memanas dengan China. Padahal Xiaomi pernah berencana mendarat di Negeri Paman Sam pada akhir tahun lalu atau awal tahun ini.

Di sisi lain Xiaomi juga berharap teknologi 5G akan menggairahkan kembali permintaan smartphone, khususnya di China. Pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu itu belakangan menunjukkan kecenderungan merosot.

'Di China, penetrasi smartphone sangat tinggi. Tapi kita sedang menyongsong 5G. Saya yakin ketika ponsel 5G mulai populer, permintaan di China secara keseluruhan akan pulih,' tambah Lei.

(fyk/mon)

Sumber : inet.detik.com