Posted on Jumat, 08 Feb 2019 20:29 WIB

Jakarta - Selama ini browser Opera dengan virtual private network (VPN) hanya tersedia di dekstop. Tapi kini pengguna ponsel akan dapat menikmati hal serupa.

Opera baru saja mengumumkan pihaknya mulai menguji coba browser dengan VPN di platform Android. Hanya saja layanan tersebut baru bisa dicicipi di versi beta.

Namun dalam waktu depat mereka berjanji akan merilis fitur tersebut ke seluruh browsernya di Android. Sembari menunggu, kamu bisa mengunduh versi betanya di sini.

Setelah terinstall, klik logo Opera di sudut kiri bawah. Kemudian pilih pengaturan.

Kita akan melihat opsi VPN di sana. Geserkan tombol untuk menaktifkannya.

Selanjutnya tekan pada VPN untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Misalnya bila ingin menggunakan VPN di setiap tab, maka hilangkan centang pada opsi Gunakan VPN Untuk Tab Pribadi Saja. Atau bila ingin memilih lokasi server, maka pilih Virtual Location.

Bicara keuntungan, dengan adanya VPN di browser tentu akan makin memudahkan pengguna mengakses konten yang diblokir. Sebab kita tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga.

Selain itu layanan VPN milik Opera ini tidak berbayar alias gratis. Jadi kamu tidak perlu merogoh dompet untuk berlangganan layanannya.

(afr/fyk)

Sumber : inet.detik.com