Posted on Selasa, 12 Feb 2019 13:45 WIB

Jakarta - Google tengah memperluas cakupan usahanya dengan mendesain chip untuk ponsel dan data centernya sendiri.

Caranya adalah dengan membangun tim khusus berisi sejumlah engineer untuk proyek ini. Timnya sendiri akan berbasis di Bengaluru, India, dan sebuah tempat khusus semikonduktor di Karnataka. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi ketergantungan mereka pada perusahaan pembuat chip lain.

Tim tersebut berisi setidaknya 16 engineer dan empat rekrutan baru yang berasal dari perusahaan besar pembuat chip, seperti Intel, Nvidia, dan Qualcomm, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (12/2/2019).

Sampai saat ini, Google sebenarnya secara konstan sudah mendesain chip sendiri. Contohnya adalah prosesor pengolah gambar bernama Pixel Visual Core dan pemroses kecerdasan buatan. Selain itu Google pun punya Tensor Processing Unit yang merupakan chip yang dipakai di data center dan Edge TPU, sebuah chip akselerator AI untuk perangkat IoT.

Langkah Google untuk mendesain chip sendiri ini juga dilakukan oleh sejumlah kompetitornya seperti Apple, Amazon, dan Facebook. Apple sudah mendesain chip sendiri sejak A4, dan kini kabarnya tengah mendesain chip modem untuk iPhone setelah kasusnya melawan Qualcomm yang tak kunjung menemukan titik terang.

(asj/krs)

Sumber : inet.detik.com