Posted on Kamis, 14 Feb 2019 19:07 WIB

Jakarta - Samsung Galaxy S10 akan segera dirilis. Menilik rekam jejak para 'kakaknya', smartphone ini berpotensi jadi jagoan pasar. Tapi sedari momen kelahirannya nanti, 'Malaikat Tempur' Xiaomi sudah mengusik.

Seri Galaxy S-nya Samsung merupakan flagship yang biasanya juga lazim berjaya menjadi penguasa di pasar smartphone. Itu menjadi salah satu alasan kemunculan seri barunya rutin dinantikan.

Kehadiran Galaxy S10 tahun ini juga semakin ditunggu karena momennya bertepatan dengan perayaan 10 tahun sejak seri Galaxy pertama diluncurkan -- Samsung GT-I7500 Galaxy, 22 Juni 2009. Banyak yang meyakini momen datangnya Galaxy S10 bakal jauh dari biasa-biasa saja; entah itu karena proses peluncurannya nanti, teknologi dan fitur yang ia miliki, atau potensi kejutan lainnya.

Untuk momen peluncuran Galaxy S10, Samsung sudah menentukan 20 Februari sebagai waktu kemunculan. Tempatnya di San Francisco, Amerika Serikat. Akan ada tiga varian Galaxy S10 yang diperkenalkan, dengan seri Galaxy versi ponsel layar lipat terindikasi bakal ikut dipamerkan. Bocoran demi bocoran ikut pula 'mengawal' proses menuju lahirnya calon ponsel jagoan Samsung itu.

Akan tetapi, sorotan dunia tampaknya takkan tercurah sepenuhnya ke Galaxy S10 pada tanggal 20 Februari nanti. Xiaomi juga sudah memilih tanggal yang sama untuk meluncurkan smartphone flagship barunya, Mi 9. Momen peluncuran Xiaomi Mi 9 di China pada tanggal 20 Februari bahkan bakal berlangsung lebih dulu ketimbang Galaxy S10, menilik pada perbedaan zona waktu antara kedua negara.

Kesamaan tanggal peluncuran dan posisi kedua smartphone sebagai flagship merek-merek populer ini bak memperlihatkan bahwa genderang perang persaingan antara Samsung dan Xiaomi sudah tertabuh. Ada pula yang menganggap bahwa ini seperti jadi 'balasan' Xiaomi atas upaya 'serangan' Samsung yang sebelumnya sudah merilis seri baru, yakni Galaxy M. Santer diduga, Galaxy M memang jadi respons Samsung terhadap geliat ponsel-ponsel asal China, termasuk Xiaomi.

Yang menarik adalah, Xiaomi Mi 9 seperti sudah ditakdirkan jadi 'serdadu' dalam 'peperangan' sengit. Bukan apa-apa, merujuk pada Xiaomi Today, smartphone itu memang disebut memiliki nama kode ngeri, yakni 'Battle Angel'. Sebutlah kira-kira 'Malaikat Tempur'.

Sebagai salah satu amunisi, 'Malaikat Tempur' Xiaomi ini juga diklaim sebagai ponsel Mi dengan paras paling menawan sejauh ini. Keindahan fisik tentu takkan berarti tanpa pesona di dalam. Di atas kertas, itu tak menjadi masalah buat Xiaomi Mi 9 yang terlihat memiliki daya tarik luar-dalam. Ya, memang begitulah yang dimaksudkan sebagaimana nama julukannya -- malaikat yang punya paras rupawan dan punya amunisi untuk menghadapi pertempuran.

Xiaomi Mi 9 bukan cuma punya tampilan menggoda, aspek di dalamnya pun cukup memesona. Setidaknya menurut rumor yang sudah berdengung sejauh ini.

Sebut saja di antaranya sokongan chip Snapdragon 855 (7nm) dengan Adreno 640 GPU, display Super Amoled (19:9) berukuran 6,4 inch dengan resolusi FHD+ 1080 x 2280 pixels, tiga kamera belakang yang salah satunya punya kualitas 48MP disertai sensor ToF, kamera depan yang mendukung HDR untuk mempercantik hasil selfie, juga mendukung teknologi pengisian cepat 32W pada baterai berkapasitas 3.500mAH. Itu sebagian dari persenjataan Xiaomi Mi 9.

Pada akhirnya tentu saja waktu dan pasar yang akan jadi tolok-ukur seberapa sukses sepak terjang 'Malaikat Tempur' Xiaomi ini, dimulai dari aksi mengusik kelahiran Galaxy S10-nya Samsung sampai dengan kiprahnya menghadapi persaingan kelak.

(krs/rns)

Sumber : inet.detik.com